Ketahui dampak dan penyakit yang ditularkan melalui air minum



Penyebab kuman air sebagai berikut:
Kutu air atau tinea pedis ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis jamur, namun yang paling sering adalah dermatophytes, jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Jamur-jamur penyebab kutu air merupakan jamur yang hidup di lingkungan bersuhu hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan kolam renang. Seseorang dapat tertular jamur kutu air melalui sentuhan langsung dengan kulit yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.

Menurut Artria, setelah menular, jamur kutu air akan menetap dan berkembang biak di permukaan kulit. Ketika terdapat celah pada kulit, jamur kutu air dapat masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kutu air, yakni:

Berkunjung ke area publik tanpa alas kaki.
Menggunakan sepatu yang ketat dan tebal.
Kaki sering berkeringat.
Tidak menjaga kebersihan kaki, seperti jarang mencuci kaki setelah beraktivitas dan menggunakan ulang kaus kaki yang belum dicuci.
Terdapat luka pada jari atau kuku jari kaki.
Berbagi benda pribadi, seperti handuk, kaus kaki, atau sepatu.


Penyakit yang ditularkan melalui air
dari Wikipedia, ensiklopedia gratis
Lompat ke navigasi Lompat ke pencarian
Penyakit yang ditularkan melalui air
Kontaminasi Air Tanah Amerika Latin Sm.png
Penyakit yang ditularkan melalui air dapat menyebar melalui air tanah yang terkontaminasi dengan patogen tinja dari jamban
Keistimewaan Penyakit menular
Penyakit yang ditularkan melalui air adalah kondisi yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen yang ditransmisikan dalam air. Penyakit dapat menyebar saat mandi, mencuci atau minum air, atau dengan memakan makanan yang terpapar air yang terkontaminasi. Sementara diare dan muntah adalah gejala yang paling umum dilaporkan dari penyakit yang ditularkan melalui air, gejala lainnya dapat mencakup masalah kulit, telinga, pernapasan, atau mata.

Berbagai bentuk penyakit diare yang ditularkan melalui air adalah contoh yang paling menonjol, dan mempengaruhi anak-anak di negara berkembang secara paling dramatis. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia , penyakit yang ditularkan melalui air diperkirakan 3,6% dari total DALY (tahun kehidupan yang disesuaikan dengan kecacatan) , dan menyebabkan sekitar 1,5 juta kematian manusia setiap tahunnya. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 58% dari beban itu, atau 842.000 kematian per tahun, disebabkan oleh kurangnya pasokan air minum yang aman , sanitasi dan kebersihan (diringkas sebagai WASH ).

Istilah penyakit yang ditularkan melalui air dicadangkan terutama untuk infeksi yang sebagian besar ditularkan melalui kontak dengan atau konsumsi air yang terinfeksi. Sepele, banyak infeksi dapat ditularkan oleh mikroba atau parasit yang secara tidak sengaja, mungkin sebagai akibat dari keadaan luar biasa, telah memasuki air, tetapi fakta bahwa mungkin ada infeksi aneh sesekali tidak perlu berarti bahwa itu berguna untuk mengkategorikan penyakit yang dihasilkan sebagai "ditularkan melalui air". Praktek yang lazim untuk menyebut penyakit seperti malaria sebagai "ditularkan melalui air" hanya karena nyamuk memiliki fase akuatik dalam siklus hidupnya, atau karena memperlakukan air yang mereka huni kebetulan merupakan strategi yang efektif untuk mengendalikan nyamuk yang merupakan vektor .

Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit yang secara khas ditularkan melalui air termasuk protozoa dan bakteri , banyak di antaranya adalah parasit usus , atau menyerang jaringan atau sistem peredaran darah melalui dinding saluran pencernaan. Berbagai penyakit yang ditularkan melalui air lainnya disebabkan oleh virus . (Terlepas dari kesulitan filosofis yang terkait dengan mendefinisikan virus sebagai " organisme ", adalah praktis dan nyaman untuk menganggapnya sebagai mikroorganisme dalam hubungan ini.)

Namun golongan penting lain dari penyakit yang terbawa air disebabkan oleh parasit metazoa . Contoh umum termasuk Nematoda tertentu , yaitu "cacing gelang". Sebagai contoh infeksi Nematoda yang terbawa air, salah satu penyakit nematodal yang ditularkan melalui air adalah Dracunculiasis . Ini diperoleh dengan menelan air di mana copepoda tertentu terjadi yang bertindak sebagai vektor untuk Nematoda. Siapa pun yang menelan copepoda yang kebetulan terinfeksi larva Nematoda dalam genus Dracunculus , menjadi rentan terhadap infeksi. Larva menyebabkan penyakit cacing guinea .

Kelas lain dari patogen metazoa yang ditularkan melalui air adalah anggota Schistosomatidae tertentu , keluarga cacing darah . Mereka biasanya menginfeksi korban yang melakukan kontak kulit dengan air. [3] Cacing darah adalah patogen yang menyebabkan Schistosomiasis dalam berbagai bentuk, yang berdampak serius pada ratusan juta orang di seluruh dunia.

Jauh sebelum studi modern telah menetapkan teori penyakit , atau pemahaman lebih lanjut tentang sifat air sebagai sarana penularan penyakit, kepercayaan tradisional telah memperingatkan terhadap konsumsi air, lebih menyukai minuman olahan seperti bir , anggur dan teh . Misalnya, dalam karavan unta yang melintasi Asia Tengah di sepanjang Jalur Sutra , penjelajah Owen Lattimore mencatat, "Alasan kami minum teh begitu banyak adalah karena air yang buruk. Air sendiri, tidak direbus, tidak pernah diminum. Ada takhayul bahwa itu menyebabkan lecet pada kaki. "

Dampak sosial ekonomi
Penyakit yang ditularkan melalui air dapat memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi, baik secara lokal maupun internasional. Orang yang terinfeksi oleh penyakit yang ditularkan melalui air biasanya dihadapkan dengan biaya terkait dan tidak jarang dengan beban keuangan yang besar. Ini khususnya terjadi di negara-negara yang kurang berkembang. Kerugian finansial sebagian besar disebabkan oleh misalnya biaya perawatan medis dan obat-obatan, biaya transportasi, makanan khusus, dan oleh hilangnya tenaga kerja. Banyak keluarga bahkan harus menjual tanah mereka untuk membayar perawatan di rumah sakit yang layak. Rata-rata, sebuah keluarga membelanjakan sekitar 10% dari pendapatan rumah tangga bulanan per orang yang terinfeksi.

Subscribe to receive free email updates: